Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Minggu, 21 Januari 2018

Sebuah Awan Berbentuk Aneh di Kyushu ini Membuat Banyak Orang Panik dan Terkagum!?

| Minggu, 21 Januari 2018
Image Source: Twitter/@wni_jp

Kejadian aneh munculnya awan / asap berbentuk aneh di langit Kyushu menjelang terbitnya matahari pagi, tepatnya pada tanggal 18 Januari 2018 ini sempat menggegerkan warga sekitar. Beberapa di antara mereka kaget melihat hal itu, namun beberapa juga merasa terkagum melihat fenomena langka tersebut.

Tidak hanya itu, selain bentuk awannya  aneh, awan tersebut juga bercahaya layaknya pelangi yang diliputi warna putih, biru, oren,. Foto tersebut di ambil dari akun Twitter resmi WeatherNews, menurut mereka fenomena ini disebabkan oleh peluncuran Epsilon-3 Rocket.  

Pada pukul 6:06, roket tersebut lepas landas dari Uchinoura Space Center di Prefektur Kagoshima dan menempatkan satelit radar ASNARO-2 di orbit pada pukul 7 pagi. Epsilon-3 direncanakan diluncurkan lebih awal namun tertunda karena kondisi cuaca buruk. Sehabis cuaca buruk tersebut, ketika peluncuran Epsiloen, uap air yang ada di udara yang berkontribusi sehingga menciptakan tampilan contrails yang rumit ini di atas langit Kyushu.

Image Source: Twitter/@wni_jp

Image Source: Twitter/
 Sementara roket itu sendiri bergerak ke atas dengan sudut busur yang agak condong, sehingga membentuk awan tersebut yang disebabkan oleh beberapa faktor. Alasan utamanya adalah pemisahan tiga tahap roket yang dibuang dan jatuh kembali ke Bumi begitu mereka telah menghabiskan propelan mereka.

Serta Angin, berat massa kristal es, dan juga menurut sudut pandang pengamat, hal itu lah yang menyebabkan contrail tampak muncul dalam bentuk yang aneh. Lalu munculnyar cahaya berwarna berasal dari  matahari terbit. Untuk lebih detailnya silahkan lihat video di bawah ini yang di unggah oleh akun Twitter/@6m1OUkrQxQoOco4:

▼ Selang waktu peluncuran 

 Setelah peluncuran tersebut, banyak orang yang kagum sekaligus ada yang heran dengan kemunculan bentuk awan yang aneh tersebut. Namun, meskipun fenomena tersebut hanya terjadi ketika saat peluncuran Epsilon-3 roket, banyak orang yang juga tidak sempat melihat kejadian tersebut. Sebagian berkomentar di Twitter tersebut, berikut menurut pendapat mereka:

    
"Seperti grafiti yang di buat Dewa."
    
"Sangat cantik…"
    
"Luar biasa!"
    
"Itu membuatku takut! Saya pikir itu Tuhan sedang turun. "
    
"Jadi apakah Jepang juga bermain dengan ICBM?"
    
"Tapi aku juga melihat sebuah pesawat jet tempur contrail di langit..."
    
"Aku heran dan bertanya-tanya apa itu. Namun, Syukurlah sekarang aku tahu. "

Ada juga beberapa yang mengira bahwa fenomena tersebut mungkin merupakan contoh teori "jishin kumo" atau "awan gempa" di mana formasi awan aneh dianggap sebagai prekursor adanya aktivitas seismik.

 ▼ “Selamat Pagi, ada semacam awan aneh di luar sana. Apakah itu awan gempa? (´・ω・`)


Terkadang fenomena aneh sering terjadi, baik itu di langit, atau di darat. Beberapa di antaranya membuat kita bingung dan bertanya-tanya apa maksud munculnya fenomena tersebut. Sehingga tidak heran bila munculnya suatu fenomena aneh di kaitkan dengan hal gaib atau akan terjadinya bencana. Tapi di sisi lain, pastinya ada penjelasan mengenai munculnya fenomena tersebut. Lebih baik berfikir positif ketimbang menduga yang tidak-tidak.

Jadi bagaiana menurut kalian? Awan tersebut yang terbentuk dari contrail roket terlihat indah kan?

Featured Image:


Source:


_________________________________________________________________________________

Jika kalian suka dengan artikel ini, silahkan support kami dengan cara klik tombol "Share" dan bagikan di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Terima Kasih 😊

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar