Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Jumat, 19 Januari 2018

Seorang Remaja Jepang Mendapat Nilai Sempurna Ujian Masuk Universitas! Dan Beginilah Buku Catatannya

| Jumat, 19 Januari 2018
Image Source: Twitter/@yuusuke_suzuki,
Setiap negara pastinya memiliki aturan dan ujian masuk perguruan tinggi masing-masing. Seperti halnya di negara kita Indonesia, bila ingin masuk ke perguruan tinggi Negeri, ada beberapa jalur masuknya yaitu jalur penerimaan (melalui nilai rapot selama SMA) dan jalur tertulis alias test. 

Di Jepang sendiri juga tidak jauh beda, pada pekan lalu para siswa di seluruh Jepang mengikuti ujian Center Test. Center Test sendiri adalah sebuah ujian masuk perguruan tinggi yang kurang lebih sama sepert SAT di Amerika dan SBMPTN di Indonesia. Namun, Center Test menerapkan pemeriksaan intensif dan ekstensif, sehingga meskipun memiliki pengetahuan luas, belum tentu kita bisa masuk juga. 

Seperti yang kita ketahui, sangat sulit sekali mendapatkan nilai "Sempurna" dalam ujian masuk perguruan tinggi, meskipun ada beberapa di antara kita yang mungkin hampir mendekati nilai 'Sempurna'. Akan tetapi, seorang remaja Jepang berhasil mendapatkan nilai SEMPURNA di salah satu mata ujian yaitu Sejarah Dunia.

Salah seorang pengguna Twitter dan juga Guru di tempat les untuk persiapan masuk perguruan tinggi, @yuusuke_suzuki mengunggah sebuah foto buku catatan milik muridnya yang mendapatkan nilai sempurna itu di akun Twitternya. 

Image Source: Twitter/@yuusuke_suzuki,

Image Source: Twitter/@yuusuke_suzuki,
 Buku catatan ini pada awalnya sebuah buku sejarah dari Toshin’s world history edition : Ichimon Itto series. Buku sejarah tersebut isinya lumayan tebal, akan tetapi bagi murid tersebut masih belum cukup alias kurang. 

Baginya, penjelasan yang ada di buku tersebut masih belum cukup untuk memenuhi rasa keinginan tahunya, sehingga sang murid mulai membuat catatan sendiri di buku tersebut di setiap halaman yang menurut dia kurang jelas penjelasannya. Dan bisa kalian lihat, hampir di setiap halaman penuh dengan catatan tamabahan darinya! 

Dan berikut  di bawah ini bentuk awal buku sejarah tersebut :

Image Source: Twitter/Shintaroyz_1004

Sangat berbeda bukan dari sebelumnya? Seolah - olah buku tersebu habis di corat coret dengan pensil dan krayon. Yuk coba kita bandingkan lagi dengan buku yang sudah di tambahkan berbagai catatan ke dalamnya oleh sang murid yang mendapat nilai sempurna tersebut;





Beberapa di antara halaman tersebut bahkan di isi full oleh catatan miliknya sendiri dari pada halaman asli bukunya tersebut, sehingga halaman aslinya tertutup oleh catatan miliknya sendiri. Foto-foto tersebut juga viral di media sosial, terutama di Twitter, sehingga banyak komentar positif yang di lanturkan. Berikutt di antaranya:

"Itu seperti karya seni visual saja"

"
Sepertinya sudah berlalu dari titik di mana ia berhenti menjadi buku teks, dan mulai menjadi seperti buku sihir yang ajaib"

"
Saya pikir bahkan buku itu akan mengatakan 'Saya sangat senang bisa menjadi sangat berguna bagi kamu"

"
Sungguh siswa yang luar biasa ... Saya berharap dia bisa masuk ke sekolah pilihannya setelah semua kerja kerasnya itu"

"
Saya tidak sabar untuk melihat hal hebat apa yang akan dilakukan anak ini begitu dia menjadi seorang profesional dalam bekerja"

"
Saya harap dia menjadi guru atau peneliti ... seseorang yang akan menunjukkan kepada kaum muda nilai belajar tentang sejarah dunia."

Meskipun ada beberapa komentar kritis yang bertanya-tanya apakah metode pencatatan ultra-inklusif tersebut benar-benar teknik menghafal terbaik. Tapi jika kita melihat kenyataan dari remaja tersebut, ia telah berhasil mendapatkan nilai sempurna. Meskipun ia membuat catatan yang begitu banyak dan mungkin bagi sebagian orang akan pusing dan bingung duluan. 

Kerja keras tidak akan mengkhianati setiap orang, usaha, do'a, dan pantang menyerah adalah cara untuk mendapatkan kesuksesan. Meskipun hal itu tidak mudah dan terkadang kita sudah menyerah di tengah jalan. Namun tetaplah jangan pantang menyerah sampai akhir!


Images Source:
  

Source:


_________________________________________________________________________________

Jika kalian suka dengan artikel ini, silahkan support kami dengan cara klik tombol "Share" dan bagikan di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Terima Kasih 😊 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar