Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Selasa, 18 September 2018

Inilah 7 Jenis Pedang yang Sering Digunakan Oleh Para Ksatria di Jepang

| Selasa, 18 September 2018
Inilah 7 Jenis Pedang yang Sering Digunakan Oleh Para Ksatria di Jepang


Pernahkah diantara kalian serentak berfikir untuk mengenal jenis-jenis pedang tradisional asal Jepang yang terkenal panjang, tajam sekali, dan tipis itu? Mungkin diantara kita hanya mengetahui nama "Katana" yang sudah pada umumnya digunakan oleh para samurai Jepang. Well, tidak heran bila kita hanya mengenal Katana, karena pedang tersebut sering kali disebut dalam berbagai film maupun dalam dunia anime.

Nihonto atau biasa yang disebut dengan "Proses pembuatan pedang" ala Jepang ini memiliki berbagai jenis bentuk pedang yang tidak hanya 1 macam saja, tapi beragam macam. Ada berbagai jenis macam jenis pedang Jepang yang juga dibuat dengan metode Nihonto yang memiliki reputasi sangat baik dan juga sering digunakan oleh para ksatria atau samurai di Jepang pada zaman dahulu.

Kira-kira seperti apa saja ya nama dan bentuk dari pedang tersebut? Berikut di bawah ini 7 Jenis Pedang yang Sering Digunakan Oleh Para Ksatria di Jepang:


1.   Pedang Taichi


Taichi Sword
Bladespro.co.uk

Dalam bentuk rupa Pedang Taichi memang sekilas terlihat seperti Katana, namun, dapat dibedakan dengan lengkungannya yang lebih jelas dan pisau nya sedikit lebih panjang dari katana. Karena pedang ini biasanya digunakan oleh para ksatria berkuda, dimana panjangnya dan lengkungannya cocok untuk melawan musuh yang berjalan kaki.


2.   Pedang Katana


Katana Sword
Bladespro.co.uk

Katana merupakan salah satu jenis pedang asal Jepang yang legendaris dan terkenal hingga manca negara. Setiap kali mendengar kata Katana, pastinya orang-orang akan beranggapan sebagai "Senjatanya para Samurai",. Yap itu benar. Bentuk katana sendiri seperti pisau bermata tunggal dan melengkung, dengan rata-rata 60-80 cm. Kebanyakan Katana memiliki "Tsuba" yang berada pada gagang pedang, yang berbentuk persegi atau bulat, dan pegangannya yang panjang yang dapat menampung dua tangan.

Pedang Katana ini telah ada sekitar tahun 1392-1573, pada periode Muromachi. Diperkirakan pedang tersebut mulai digunakan karena perubahan lingkungan medan perang, yang mengharuskan para pejuang menjadi lebih responsif dan bisa bergerak lebih cepat.


3.   Pedang Wakizashi


Wakizashi Sword
Bladespro.co.uk

Pedang Wakizashi merupakan pedang asal Jepang dengan ukuran yang sedikit lebih pendek jika dibandingkan dengan katana, karena rata-rata berukuran sekitar 30 hingga 60 sentimeter. Secara tradisional, biasanya para prajurit samurai membawa pedang ini berdampingan dengan katana mereka, karena Wakizashi dapat digunakan sebagai senjata cadangan, atau dalam keadaan darurat, dan terkadang juga dapat dilakukan untuk "Seppuku" atau yang biasa disebut ritual suci bunuh diri.


Biasanya, ketika para samurai memasuki sebuah rumah atau bangunan, katana mereka harus di tinggalkan namun pengecualian wakizashi bisa dibawa setiap saat. Karena tidak terlalu besar dan mencolok, sehingga dapat digunakan kemana saja untuk berjaga-jaga.


4.   Pedang Odachi


Odachi Sword
Bladespro.co.uk

Pedang Odachi merupakan pedang yang sangat panjang dan besar diantara pedang-pedang Jepang lainnya, kata "Odachi" sendiri bila diartikan menjadi "Tachi" yang artinya Berukuran besar. Diperkirakan pedang tersebut dibawa oleh para prajurit yang digunakan untuk melawan pasukan kavaleri , karena jangkaun pedang tersebut memungkinkan untuk dapat menebas lawan sebelum lawan menebas kita.


5.   Pedang Shin Gunto


Shin Gunto Sword
Bladespro.co.uk

Pedang Shin Gunto merupakan pedang yang cukup spesial, itu karena pedang tersebut sangat berbeda sekali dengan pedang-pedang tradisional lainnya. Pedang ini diciptakan dan dirancang untuk dipergunakan oleh para perwira Jepang selama perang Dunia ke-2.


6.   Pedang Tanto


Tanto's Sword
(Bladespro.co.uk)

Pedang Tanto ini memiliki fungsi yang unik, yaitu menurut tradisi Tanto digunakan untuk menikam orang lain diam-diam, bentuknya sendiri yang mirip belati dan pisau ini bermata tunggal hingga dua, dan memiliki panjang sekitar 15 hingga 30 sentimeter. 


7.   Pedang Ninja


Ninja's Sword
Bladespro.co.uk

Pedang Ninja, seperti namanya pedang ini biasa digunakan oleh para Shinobi atau biasa disebut ninja pada masa Feodal di Jepang. Pedang yang biasa dikenal dengan nama Ninjaken, Ninjato, atau Shinobigatana, telah menjadi pedang legendaris yang biasa digunakan oleh para Shinobi. Senjata ini sering kali muncul dalam budaya populer seperti di film-film, dengan berpakaian serba hitam, dan menyelinap secara diam-diam, lalu menebas musuh tanpa diketahui oleh siapapun.


Berikut adalah beberapa pedang Jepang yang biasa digunakan oleh para ksatria di Jepang. Bagaimana menurut kalian? Cukup mengesankan bukan pedang-pedang tersebut? Semoga artikel ini bsia bermanfaat dan memberi kalian informasi tambahan yang tidak kalian ketahui.




__________________________________________________________________________________

Jika kalian suka dengana artikel ini, klik tombol "Share" di bawah, dan bagikan artikel ini di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Terima Kasih 😊 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar