Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Jumat, 05 Januari 2018

6 Hal yang Harus Dihindari Selama 3 Hari Pertama Tahun Baru di Jepang Agar Mendapat Keberuntungan

| Jumat, 05 Januari 2018
Image Source: Pakutaso

Tahun 2017 sudah lewat dan saat ini sudah masuk awal di tahun 2018. Disetiap negara, pastinya memilik adat dan budaya masing-masing dalam merayakan tahun baru maupun menjalankan hari pertama di awal tahun baru.

Biasanya hari pertama di tahun baru menandakan keinginan dan harapan akan perubahan yang lebih baik di tahun tersebut dan setiap orang pastinya ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik setiap tahunnya. Misalkan di A.S, orang-orang di sana biasanya memilih beberapa resolusi baru di tahun baru, seperti tujuan yang ditetapkan dengan harapan dapat meperbaiki beberapa aspek kehidupan.

Namun, di Jepang  tiga hari pertama adalah waktu utama untuk mengunjungi kuil untuk berdoa dan berharap mendapatkan keberuntungan dan kesuksesan di tahun baru. Serta tahun baru di Jepang memiliki nilai spiritual yang tinggi dari pada hari libur lainnya. 

Oleh karena itu, kunjungan pertama ke tempat suci setempat adalah tradisi Tahun Baru yang paling penting.Namun, ada juga banyak kepercayaan tentang apa saja yang harus dilakukan dalam tiga hari pertama tahun baru, agar mendapatkan keberuntungan di tahun tersebut.

Karena Jepang memiliki nilai budaya dan adat yang tinggi, pastinya ada beberapa tradisi yang diyakini dan selalu dilakukan oleh masyarakat di setiap daerah di Jepang.

Berikut di bawah ini 6 hal yang harus dihindari selama 3 hari pertama di tahun baru agar dapat membawa keberuntungan terbaik sesuai tradisi Jepang :


1.   Jangan Bersih-bersih

Image Source: Pakutaso
  

Salah satu tradisi tersebut yaitu: jangan melakukan pekerjaan rumah tangga dalam tiga hari pertama tahun baru! Dikatakan bahwa dewa Tahun Baru Jepang bernama Toshigami-sama, akan datang berkunjung beberapa saat dalam tiga hari untuk membawa keberuntungan bagi setiap keluarga, dan jika kalian sedang bersih-bersih, hal itu akan mengusirnya.  

Lalu ditambah dengan mencuci pakaian, dan membersihkan bak cuci, bak mandi, dan toilet, jika kalian melakukan hal tersebut sama saja kalian dengan menyiram banyak keberuntungan di saluran pembuangan dengan semua air itu. Singkatnya, harus tetap menunggu dengan sabar agar Toshigami-sama datang dan membawa keberuntungan, hal itu jauh lebih baik daripada sibuk membersihkan rumahmu.


2.   Jangan Menggunakan Pisau

Image Source: Pakutaso
  
 Pisau itu berbahaya, sewaktu-waktu kita bisa melukai jari kita ketika sedang memasak. Dan mungkin bisa saja memotong jari kalian! Dalam tradisi di Jepang, bila dalam tiga hari pertama tahun baru kalian melukai tubuh kalian atau memotong tubuh kalian dengan pisau, kalian mungkin juga akan memotong nasib baik yang akan datang di tahun ini. 

 Untuk mencegah hal ini, di Jepang, orang biasanya memasak ryori osechi, makanan Tahun Baru yang beruntung, dan ozoni, sup hangat dengan daging dan mochi, di tanggal 31 Desember, jadi mereka tidak perlu memasak sama sekali di hari pertama hingga tiga hari di tahun baru.


3.   Jangan Gunakan Api Untuk Memasak, dan Jangan Merebus Makanan

Image Source: Pakutaso


 Di jepang, orang-orang biasanya memasak menggunakan kompor listrik, karena lebih mudah dan aman. Serta Tiga hari pertama tahun baru adalah waktu untuk beristirahat, dan itu termasuk para dewa juga. Jadi hindari memasak dengan api, atau dewa Ojin-sama, akan marah, dan satu hal yang tidak di inginkan di tahun baru adalah dewa yang marah karena kalian! 
Serta alasan mengapa kalian sebaiknya tidak merebus makanan, selain membuat marah dewa karena memasak dengan menggunakan kompor, dan juga karena makanan yang mendidih menghasilkan sampah di permukaan cairan.  

Selain kotor, sampah adalah simbol untuk hal-hal buruk dalam hidup, jadi dengan mendidihkan makanan, Anda membiarkan hal-hal buruk muncul ke permukaan, dan itu tidak baik.

4.   Jangan Memakan Hewan Berkaki 4

Image Source: Pakutaso

Tradisi yang satu ini secara khusus mengacu pada daging sapi, babi, dan kambing, maupun kuda, meskipun juga dapat diperluas ke hewan lain. Alasan di balik tradisi ini tidak diketahui, tapi dianggap sebagai kebiasaan yang dipengaruhi oleh ajaran Buddhisme, yang memegang kebijakan untuk tidak membunuh makhluk hidup dan tidak memakan daging.

Tidak ada dampak spiritual yang diketahui untuk makan hamburger dengan daging sapi di tahun baru, tapi jika kalian mengkhawatirkannya, vegetarianlah selama tiga hari. Ayam juga enak dimakan, jadi kalian bisa mendapatkan beberapa karaage (ayam goreng jepang) sebagai gantinya, atau kalian juga bisa memakan makanan jenis ikan atau seafood.


5.    Jangan Bertengkar

Image Source: Pakutaso

Biasanya di awal tahun baru, hampir setiap kalangan baik dari murid sekolah, pekerja, dan sebagainya libur di hari itu. Dan biasanya kita menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau dengan teman dan terkadang kita akan bertemu dengan seseorang yang kita benci atau kesal. 

Namun, usahakanlah untuk tidak kesal atau jangan sampai bertengkar. Karena pertengkaran itu  tidak baik. Terlebih kepada keluarga atau teman, jangan sampai bertengkar. Karena sepanjang tahun kita akan selalu berinteraksi dengan mereka dan pastinya kita akan selalu membutuhkan mereka.  

Sementara itu, berkelahi dengan seseorang tidak akan merusak keberuntungan di seluruh tahun kalian, dan ini mungkin tidak mempengaruhi hubungan dengan para dewa,. Hanya saja akan mempengaruhi hubungan kalian  dengan orang-orang di sekitar kalian. 


6.   Jangan Menghabiskan Banyak Uang

Image Source: Pakutaso

Seperti yang kita ketahui, Tahun Baru adalah waktu terbaik untuk berbelanja barang discount di tahun baru maupun bersenang-senang dengan teman atau keluarga. Tapi kalian harus benar-benar mencoba menghindari menghabiskan banyak uang, terutama dalam beberapa hari pertama di tahun baru.  

Hal ini diyakini bahwa jika kalian menghabiskan terlalu banyak uang di tahun baru, kalian tidak akan dapat menyimpan uang di sepanjang tahun. Dan akan selalu ada saja hal yang di butuhkan sehingga uang tabungan kalian terus di pakai tanpa bisa menabung. 

Jujur saja, di tradisi tersebut terdapat saran yang cukup solid. Karena jika kita membiasakan untuk berhemat dan tidak boros, maka kita akan semakin mudah untuk menabung dan menghindari dari keborosan. Pastinya di antara kita menginginkan supaya di tahun baru, uang tabungan kita terus bertambah dan tidak berkurang.



Images Source: 


Source:



_______________________________________________________________________

Jika kalian suka dengan artikel ini, silahkan support kami dengan cara klik tombol "Share"  dan bagikan di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Terima Kasih 😊

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar