Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Rabu, 27 Desember 2017

Dalam Merayakan 100 Tahun Anime, Asosiasi Anime Jepang Merilis Sebuah Video Perjalanan Singkat Anime

| Rabu, 27 Desember 2017
Image Source: SGCafe

Anime dan animasi adalah hal yang sama. Namun, anime sendiri merupakan sebutan ciri khas bagi animasi yang berasal dari Jepang. Karena kata anime sendiri di ambil dari bahasa inggris Animation sehingga segala jenis animasi di Jepang biasa disebut dengan anime.

Tahun 2017 ini, merupakan tahun ke 100 sejak awal mulanya anime muncul di Jepang yaitu dimulai pada tahun 1917. Di tahun tersebut, sebuah karya profesional dan yang umum pertama mulai muncul. Seperti Shimotawa dan Seitarou Kitayama yang telah menghasilkan banyak karya, serta dinobatkan sebagi animasi tertua  yang pernah di tayangkan yaitu bernama Kouchi's Namakura Gatana.

Klip animasi tersebut berdurasi dua menit, bercerita tentang seorang samurai yang mencoba menguji pedang baru pada sasarannya hanya untuk membuat sasarannya menderita kekalahan. Namun, gempa besar di Kantō tahun 1923 mengakibatkan kerusakan luas pada infrastruktur Jepang dan penghancuran gudang Shimokawa, yang juga menghancurkan sebagian besar karya awal ini. 


Image Source: wikipedia

Association of Japanese Animations (AJA) dalam merayakan 100 tahun anime, mereka telah merilis sebuah video yang berisikan tentang cuplikan perjalanan singkat anime-anime di Jepang dari tahun 1917 hingga 2017.




Dalam video berdurasi 14 menit tersebut, berbagai macam anime-anime terkenal di tahun tersebut berada dalam cuplikan video. Seperti anime jadul yang terkenal di zamannya Astro boy (1963-1966), Tetsujin (1980), Kimba White Lion (1965), Cyborg 009 (1968), Yuyu Hakusho (1993), One Piece (1999), Naruto (2002), dan masih banyak lagi.

Tidak hanya Anime Tv saja, melainkan Movie anime pun ikut di masukkan dalam cuplikan video tersebut. Seperti Sword Art Online Ordinal Scale, Kimi no Na Wa, The Garden of Words, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya dalam cuplikan video tersebut, tidak adanya cuplikan Film dari studio Ghibli. Padahal film - film yang di produksi oleh Studio Ghibli sangat bagus dan terkenal hingga internasional. Dan selalu mendapatkan penghargaan movie terbaik di setiap produksinya.

Akan tetapi, para penggemar mendiskusikan alasan mengapa cuplikan film Ghibli tidak muncul di video perayaan 100 tahun anime tersebut. Banyak penggemar telah berteori kalau semua ini karena masalah perizinan.

Dalam video tersebut juga diiringi dengan lagu tema anime dari artis-artis berbakat yang biasa  menyanyikan lagu tema dalam anime, seperti :  i☆Ris, Azumi Inoue, the Wake Up, Girls!, Maaya Uchida, Akira Kushida, GRANRODEO, Isao Sasaki, Hiro Shimono, JAM Project, Konomi Suzuki, Kenichi Suzumura, Ayana Taketatsu, Minori Chihara, TRUE, Toshiyuki Toyonaga, Shoko Nakagawa, Wataru Hatano, Mitsuko Horie, Minami, Ichiro Mizuki, Suzuko Mimori, May’n, and Chihiro Yonekura.

Association of Japanese Animations (AJA), akan mengakhiri tahun 2017 dengan menayangkan sebuah acara spesial selama 5 jam di stasiun TV NHK mengenai anime. Selama program tersebut, mereka akan mengungkapkan hasil mengenai karakter anime yang paling populer, serta mereka juga akan membahas evolusi anime selama 100 tahun ini. 

Source:



______________________________________________________________________________

Jika kalian suka dengan artikel ini, silahkan support kami dengan cara klik tombol "Share" dan bagikan di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

Terima Kasih 😊  

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar