Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Kamis, 12 Oktober 2017

Daruma-san ga Koronda - Permainan Petak Umpet Memanggil Hantu Paling Menyeramkan di Jepang

| Kamis, 12 Oktober 2017
Daruma-san ga Koronda merupakan sebuah permainan rakyat Jepang yang di mainkan oleh tiga orang pemain atau lebih. Permainan tersebut tidak beda jauh dengan permainan Petak Umpet pada umumnya, namun ada keunikan dalam permainan tersebut yang beda dengan petak umpet yang kita ketahui. 
 
Penjaga pos yang disebut Oni harus berusaha menangkap semua pemain yang tidak dalam keadaan diam ketika kalimat Daruma-san ga koronda ("Boneka Daruma jatuh") selesai diucapkan. Lalu disisi lain, Para pemain harus berusaha mendekati penjaga pos ketika kalimat "Daruma-san ga koronda" sedang diucapkan dan ketika kalimat tersebut berhenti di ucapkan, para pemain juga harus berhenti dan tidak boleh bergerak atau mereka akan menjadi tawanan.
 
Semua pemain lari bila punggung penjaga pos berhasil ditepuk. Bila sudah ada pemain yang tertangkap dan digandeng oleh penjaga pos, tawanan dapat dibebaskan dengan cara memutuskan gandengan tangan mereka. Kunci dari permainan ini adalah perubahan irama serta cepat atau lambatnya dalam mengucapkan kalimat ajaib Daruma-san ga koronda. Permainan ini sangatlah populer di kalangan anak-anak.  
 
Namun, ada sebuah Cerita rakyat/ Urban Legend terhadap Permainan Daruma-san, atau di kenal dengan Permainan Ritual Petak Umpet Hantu / The Bath Game. 

Image Source
 
Daruma-san versi urban Legend sendiri merupakan sebuah ritual pemanggil arwah 'Daruma-san' di kamar mandi, tepatnya di bak mandi/Bathtub yang nantinya akan di ajak bermainan petak umpet yang dilakukan bersama hantu Daruma-san. Permainan ini sangatlah berbahaya dan tidak boleh kalian coba di rumah, mengingat konsekuensinya dari permainan tersebut. 
 
Dikatakan bahwa, siapapun yang bermain permainan tersebut, jika ia tidak bisa menuntaskan permainannya, maka seumur hidupnya ia akan selalu di ikuti oleh hantu 'Daruma-san' dan juga petaka buruk akan menimpanya. Begitulah yang tersebar rumornya.  

 
Ada pula beberapa ritual yang harus kalian lakukan sebelum melakukan permainan, namun admin tidak bisa mensharenya di sini di karenakan terlalu 'Bahaya' karena mengandung unsur pemanggilan roh/iblis/setan.  Karena siapapun yang bermain permainan ritual pemanggil roh ini, dikatakan bahwa dalam rumornya, Paginya setelah bangun tidur sehabis melakukan ritual ini, permainan sudah dimulai.
 
Akan ada hantu wanita bermata 1 yang akan mengikuti ke manapun kalian pergi, setiap kalian melihatnya ia akan menghilang, ketika kalian melirik ke bahu kanan kalian, maka kalian akan menangkap sekilas figur dari dirinya, ia akan lebih dekat, dan lebih dekat. Jangan sampai ia menangkap kalian, jika kalian sempat meliriknya dan ia terlalu dekat, kalian harus berteriak “TOMARE!” yang artinya 'berhenti', lalu lari secepat mungkin, kesempatan ini untuk kalian berlari sejauh mungkin menjauhi wanita bermata satu tersebut.
 
Untuk mengakhiri permainan ini, kalian harus melihat sekilas sosok/figur wanita ini dan berteriak “AKU AKAN MEMOTONGMU PERLAHAN!” kemudian ayunkan tangan kanan kalian dari atas ke bawah seperti gerakan memotong, kalian harus mengakhiri permainan ini sebelum tengah malam, jika tidak wanita ini akan muncul di mimpi kalian dan akan terus menghantui kalian.
 
Inti dari permainan tersebut sama halnya dengan permainan Petak umpet yang biasa di mainkan oleh orang-orang Jepang, namun bedanya permainan yang menggunakan ritual tersebut bermain dengan setan/hantu/jin. Jadi, jangan sekali-kali mencobanya guys terlalu bahaya!

Source: Amino Apps

Source: Onedio


Ada beberapa cerita mengenai asal usulnya Permainan Daruma-san tersebut, di antaranya:
 
- Ada sebuah cerita rakyat di Jepang yang mengatakan bahwa dahulunya 'Daruma-san' merupakan seorang putri dari kaisar yang mengalami kegagalan dalam mengurusi kerajaan. Sang kaisar pun mengalami keterpurukan setelah sang istri yang merupakan ibunya Daruma-san Meninggal. Sang kaisar pun memaksa si putri 'Daruma-san' untuk menikahi seorang pangeran yang memiliki usia dua kali dari dia yang bernama pangeran Zuko dari Amehara.

Singkat cerita Daruma San menolak menikah, sang kaisar pun sakit jantung dan meninggal. Pada malam hari di ruangan gelap pangeran Zuko dan beberapa pengawal mendatangi Daruma San dengan diam-diam. Awalnya Daruma San tidak merasa curiga tetapi dua penjaga menyekapnya, pangeran Zuko menarik busurnya dan mengenai mata kanan Daruma San.
 
Daruma San diseret paksa ke dalam bathtub dan diisi air sampai penuh, lalu pangeran Zuko menarik rambutnya dan membenturkan kepala Daruma San ke kran yang ada didekatnya.Sejak saat itu Daruma San ingin balas dendam. Dikatakan bahwa sosok Daruma San sangat menjijikan, rambutnya seperti dari sapu ijuk, giginya seperti hiu, bibirnya terkelupas mengeluarkan darah, kulitnya keriput dan mengelupas dan mata kanannya hilang.
 
 -Versi lainnya dari cerita tersebut, Dikisahkan kalau dulu, pernah ada seorang wanita yang secara misterius ditemukan tewas di dalam kamar mandi dengan posisi tertelungkup di dalam bathtub dan dengan salah satu bola mata yang tertancap di kran air.
 
Konon menurut cerita dari mulut ke mulut si wanita yang sepertinya masih remaja sedang bermain petak umpet, tapi karena licin ia terjatuh dengan posisi wajah menghantam kran air. Sejak saat itu konon, hantunya akan meneror siapa saja yang berani bermain dengannya.

Berikut di bawah ini seorang  youtuber berani mencoba permainan tersebut :




Sources :

_____________________________________

Berikut sejumlah informasi yang bisa admin berikan mengenai permainan Petak umpet 'Daruma-san ga Koronda' dan mengenai asal-usul Urban Legend: permainan ritual pemanggil roh "Daruma-san". Bagi  kalian yang penasaran seperti apa model ritual dari permainan tersebut, sebaiknya kalian cari sendiri ya di google, di sana ada begitu banyak cara memainkan ritual permainan tersebut dan tersebar luas. Namun, admin peringatkan jangan sekali kali mencoba permainan ritual yang mengandung unsur pemanggilan roh/setan/iblis/jin tersebut jika kalian tidak mau menerima resiko.
 
Jika kalian suka dengan tulisan di blog ini, silahkan support kami dengan cara klik "Share" dan bagikan ke Facebook maupun media sosial lainnya. Dan follow terus blog ini agar mengetahui updatean terbaru dari JapanDaisukiii.
 
Terima Kasih :)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar