Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Senin, 06 November 2017

Pulau Aogashima: Sebuah Pulau Vulkanik yang Dihuni Oleh Manusia

| Senin, 06 November 2017
Image Source: hobbyearth.com

Tahukah kalian bahwa ada sebuah pulau kawah gunung berapi yang terpencil di dekat Tokyo, Jepang? Mungkin sebagian dari kita ada yang tahu dan sebagain lagi tidak tahu. Pulau tersebut di kenal dengan Pulau Aogashima.

Pulau Aogashima adalah sebuah pulau vulkanik Jepang yang terletak di Laut Filipina. Pulau tersebut masih bagian dari wilayah Tokyo dan berjarak sekitar 385 kilometer (220 mil)  dari Tokyo bagian selatan. Pulau tersebut merupakan pulau terpencil dan terletak paling jauh di arah selatan kepulauan Izu. Pulau itu sendiri merupakan bekas kawah vulkanik raksasa, dan di dalamnya masih terdapat gunung berapi kecil.  

Aogashima masih dianggap sebagai gunung api Kelas-C yang aktif meski akhirnya meletus pada tahun 1780-an. Ketika terakhir kali meletus, ia membunuh hampir setengah dari populasi pulau itu dan memaksa penduduk yang tersisa untuk melarikan diri. Butuh waktu lima puluh tahun bagi orang-orang sana untuk kembali ke pulau tersebut.

Dikarenakan gunung tersebut masih aktif, kalian akan bisa mencium belerang, sangat jarang ada orang yang benar-benar menyukai bau ini tapi bau ini pasti akan membuat kalian merasa seperti kalian  benar-benar dekat dengan gunung berapi dan bau alam.


Image Source: Carmencitta

Aogashima merupakan salah satu pulau misterius yang juga merupakan gunung berapi bawah laut yang telah muncul dari laut dan merupakan bagian dari kawah besar yang tinggi sisi luarnya sekitar 200 m sampai 420 m.  Luar biasa bukan? Selain itu Desa Aogashima di kelola di bawah sub-prefektur Hachijo, Tokyo. Pulau ini juga memiliki luas daerah sekitar 8.75km2 dan pada sensus penduduk di tahun 2014, Desa Aogashima di tempati oleh 170 penduduk. Serta Aogashima juga menjadi bagian dari Taman Nasional Fuji, Hakone,Izu.

Image Source: Fast Japan




Photo credit


Penduduk di Pulau Aogashima tergolong kurang maju, itu di karenakan betapa jauhnya dari lokasi ibu kota Tokyo, dan juga sebagian besar penduduknya merupakan para petani garam, dan sayuran. Serta terdapat juga sebuah pabrik garam bernama "Hingya Salt" yang merupakan hasil utama dari pulau ini. Garam di pulau tersebut di produksi dengan cara memanaskan air laut dengan memanfaatkan uap alami yang muncul di lubang vulkanik di pulau ini. 

Penduduk disana juga masih memanfaatkan energi panas alami hingga saat ini , seperti memasak dan memanfaatkan nya untuk wisata air panas atau onsen

Image Source : tokyo.digi-joho.com
.
Image Source: Japan Travel Guides


Image Source: acrediteounao.com


Sebagian besar penduduk pulau tinggal di luar kawah, di ujung utara. Serta di pulau ini hanya terdapat satu kantor pos dan satu sekolah saja. Yakni sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Image Source: www.arinoki.com


Image Source: www.arinoki.com

Gedung Sekolah di Aogashima
Image Source:www.arinoki.com


Gedung Olahraga Sekolah Aogashima
Image Source: www.arinoki.com



Aogashima Post Office
Image Source: www.arinoki.com


Banyak sekali turis yang berkunjung ke pulau tersebut, karena keindahan alamnya yang indah, terutama pada malam hari, bintang-bintang banyak bermunculan di langit, serta keunikan wilayah tersebut dan ke ramahan para penduduk desa terhadap turislah yang menyebabkan pulau ini banyak di kenal dan di kunjungi baik wisatawan asing, maupun lokal.

Tapi ada kesulitan untuk berkunjung ke pulau tersebut, di karenakan letaknya yang sangat jauh dari Ibu Kota Tokyo, serta kalian harus mengunjungi  ke pulau Hachijojima terlebih dahulu untuk berganti transport dan memilih transport untuk menuju pulau Aogashima.


Image Source: Newsnish


Tokyo (Bandara Haneda) → Hachijojima Island

 ANA (All Nippon Airways): Butuh waktu sekitar 55 menit dengan biaya sekitar 11.000 JPY (Harga bervariasi tergantung musimnya).* Ada kapal yang tersedia juga, tapi butuh sekitar 11 jam. Karena itu, saya sangat menyarankan kalian untuk naik pesawat dari Bandara Haneda.

 

Pulau Hachijojima → Aogashima
  
1. Toho Air Service (Tokyo Airand Shuttle): Ini adalah helikopter dan memakan waktu sekitar 20 menit. Biayanya kurang lebih sekitar 11.210 Yen. Untuk keberangkatan menggunakan jalur udara kalian di haruskan memesan kursi terlebih dahulu (1-4 Minggu sebelum keberangkatan) dan berada di titik keberangkatan awal 60 menit lebih awal.


2.  Tokai Kisen: Ini adalah kapal dan memakan waktu sekitar 2 jam dan 30 menit. Biayanya sekitar 2.790 Yen (bervariasi tergantung harga Bahan Bakar).


Di sana juga terdapat beberapa rumah penginapan yang bisa di sewakan dengan harga sekitar 7500 - 9000 yen per malam. Bila harga tersebut begitu mahal, kalian juga bisa menyewa tenda secara gratis loh dan tinggal di alam terbuka. Mungkin yang satu ini cocok bagi kalian para pecinta alam yang lebih suka berkemah ketimbang menyewa penginapan. 

Tapi ada syarat khusus untuk menyewa tenda, kalian harus mengisi formulir aplikasi yang ada di pelabuhan/heliport lalu di serahkan ke kantor desa setempat. Pastikan berat peralatan kemah kalian tidak melebihi batas berat yang di tentukan atau kalian akan  di kenakan denda/biaya tambahan untuk kelebihan berat bawaan Namun,  untuk berkemah sebaiknya pada saat musim panas karena pada saat malam hari anda dapat melihat pemandangan langit malam yang indah di Aogashima.


Image Source: www.arinoki.com


Image Source: SoraNews24


Bagaimana menurut kalian? Tertarik untuk mencoba berkunjung kesana? Namun ada hal yang perlu kalian ketahui, yakni kalian pastinya harus punya uang lebih karena biaya transportasi yang cukup mahal serta di wajibkan bagi kalian untuk menggunakan transportasi helikopter ketimbang kapal. Itu di karenakan, seringnya arus laut menuju Aogashima begitu besar ombaknya dan sering kali perjalanan dengan kapal di batalkan.

Serta untuk travel dan lain-lain, kalian bisa lihat info lengkapnya di GoTokyo.

Source: 


_____________________________________________________

Berikut adalah sejumlah informasi mengenai Pulau Aogashima: Sebuah Pulau Vulkanik yang Dihuni Oleh Manusia. Jepang memiliki banyak pulau yang sangat indah dan menawan, serta akses menuju kesana pun, sekarang juga sudah cukup mudah. Salah satunya Pulau Aogashima. Keunikan dari pulau tersebut di samping keindahan alamnya yang spektakuler, pulau tersebut merupakan pulau Vulkanik yang juga di huni oleh manusia.

Jika kalian suka dengan artikel ini, silahan support kami dengan cara klik "Share" dan bagikan di Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya.

Terima Kasih :)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar